Wajib Tahu, Ternyata ini 4 alasan mengapa setelah Olahraga Sering Mual

Wajib Tahu, Ternyata ini 4 alasan mengapa setelah Olahraga Sering Mual



 Sahabat muslim mungkin merasakan mual setelah olahraga. Ternyata ada info kesehatan yang banyak orang tidak paham dengan gejala ini. Padahal mual ini bukan perkara mudah, apalagi dianggap hal biasa saja.

Kalau ngak tahu gejalanya, bisa saja olahraga yang kamu lakukan bakal sia-sia.

Kelebihan Makanan saat mau Olahraga


Jadi, penyebab mual saat olahraga diantara juga ada kaitannya dengan kelebihan makanan dan minuman saat olahraga. Saat lambung kita terisi penuh dengan makanan, biasanya sistem pencernaan makanan kita cenderung sulit untuk mencerna makanan dengan baik.

Makanya, saat mau olahraga usahakan makan jauh sebelumnya, kalau boleh 30 menit atau beberapa jam begitu. Barulah mulailah olahraga.





Saat makan pun, usahakan jangan makan yang berlemak tinggi, hal ini terkait pencernaan, karena lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Harusnya memakan makanan yang sumber protein dan karbohidratnya yang memberikan bahan bakar pada tubuh.


Selain itu, hindari makanan berlemak tinggi sebelum melakukan olahraga yang intensif. Hal ini karena lemak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dengan sumber protein dan karbohidrat untuk memberi bahan bakar pada tubuh.

Saat olahraga diusahakan perut jangan sampai kosong, karena saat olahraga dan perut kosong bisa memicu rasa mual.

Penyebab kedua, sistem perncernaan kekurangan darah yang kaya oksigen.

Masih berkaitan dengan poin yang pertama, penyebab mual setelah olahraga berikutnya adalah sistem pencernaan kurang mendapatkan darah kaya oksigen. Hal ini akan sering terjadi saat kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi.

Akibatnya, darah yang diedarkan ke perut dan usus tidak terlalu banyak, karena didistribusikan ke dalam otot untuk memasok oksigen dan nutrisi.

Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami hal seperti ini, kamu harus bisa menyeimbangkan aliran darah ke seluruh tubuh. Caranya dengan melakukan olahraga berat yang berfokus pada  satu bagian tubuh saja, sehingga bagian tubuh lainnya bisa rileks.

Kadar Gula Darah Rendah

Selain itu, kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia juga bisa menjadi penyebab mual setelah olahraga. Hal ini biasanya terjadi jika kamu menjalani olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama.

Hal ini tidak hanya menyebabkan mual setelah olahraga, namun juga bisa mengakibatkan gemetar, kelelahan, dan pandangan kabur saat sedang berolahraga.

Gula memang sangat dibutuhkan oleh organ-organ untuk memperkuat otot saat berolahraga. Jika kadar gula darahmu kurang dari 70 mg/dL, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi protein dan karbohidrat untuk mengatur kadar gula darah ini.

Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Semakin keras kerja otot kamu, maka kebutuhan oksigen juga akan semakin banyak. hal ini merujuk pada penyebab mual setelah olahraga selanjutnya, yaitu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Setiap orang memiliki kemampuan tubuh yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai jenis olahraga. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang telah terbiasa atau belum.

Namun, walaupun kebutuhan oksigen telah tercukupi untuk digunakan selama olahraga dengan intensitas tinggi, hal ini tetap menyebabkan timbulnya rasa lelah dan terbakar pada otot-otot tubuh, karena hal tersebut dapat menghasilkan limbah metabolik seperti ion, karbon dioksida, dan asam laktat.

Umumnya, rasa mual setelah olahraga memang merupakan suatu tanda bahwa olahraga yang kamu lakukan intensitasnya terlalu tinggi dan berlebihan, sehingga tubuh tidak sanggup mengikutinya.

sumber : liputan6
LihatTutupKomentar