Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner
banner

7 Keutamaan Ramadhan, Yuk Optimalkan!

Akhirnya, kita semua memasuki bulan Ramadhan. Bulan mulia yang penuh dengan keberkahan. Bulan di mana pahala dilipatgandakan, pintu-pintu ampunan dibuka lebar-lebar, dan jin syetan dibelenggu. Luar biasa! Sebuah masa yang begitu indah, penuh kebahagiaan dan kedamaian, bukan?

Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan. Redaksi DMComm akan mencoba membahas 7 di antaranya. Simak, ya!

1. Bulan Diturunkannya Al Quran

Tentu kita semua sudah tahu, bahwa Al-Quran kebanyakan turun di bulan Ramadhan. Ini dijelaskan dalam firman Allah SWT, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." (QS. Al-Baqarah: 185).

Karena itu, Ramadhan sering juga disebut sebagai syahrul quran, atau bulan Al-Quran. Amalan yang sangat dianjurkan dalam bulan ini adalah tilawah Al-Quran sebanyak-banyaknya. Namun tentu dengan tetap menggunakan kaidah-kaidah yang benar.

2. Bulan Pengampunan Dosa-Dosa

Nabi saw bersabda yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Demikian juga dalam hadist yang lain, disebutkan, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Menarik sekali, karena puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan, ternyata bisa menghapus dosa-dosa selama setahun sebelumnya. Jadi, Ramadhan ibarat sebuah proses pensucian diri menuju kondisi yang bersih secara jiwa.

3. Dibelenggunya Setan-Setan

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dibelenggunya setan-setan, khususnya dari golongan jin, membuat ibadah puasa kita menjadi lebih nyaman, karena godaan berkurang. Jika masih ada gangguan, tinggal tersisa dari kelemahan kita sebagai manusia, dan juga setan dalam bentuk manusia yang jahat dan senang mengajak kita kepada kemunkaran. Namun, karena sebagian musuh kita sudah dibelenggu, maka kita akan relatif lebih mudah melawannya.

4. Dilipatgandakannya Pahala

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

Hadist tersebut menunjukkan, bahwa puasa memiliki kemuliaan luar biasa, karena Allah sendiri yang akan membalasnya. Tentu, balasan Allah yang belum diberikan ketetapan sebagaimana amalan-amalan lainnya, merupakan kejutan yang luar biasa bagi hamba-hamba yang beriman dan sukses mengerjakan ibadah di bulan puasa.

5. Terdapat Lailatul Qodar

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Malam yang lebih baik dari seribu bulan disebut sebagai malam kemuliaan (lailatul qadar). Sebuah malam yang terjadi sekali dalam bulan Ramadhan, namun tidak disebutkan secara pasti kapan terjadi. Rasulullah dan para Sahabat memiliki tradisi memperkuat ibadah di 10 hari terakhir, salah satunya untuk mendapatkan lailatul qadar ini.

6. Sarana Mendapatkan Kecintaan Allah SWT

Dalam hadist yang disebutkan di poin 4, disebutkan, "Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

Kalimat tersebut menunjukkan betapa cintanya Allah SWT terhadap orang-orang yang berpuasa. Allah SWT menyediakan satu pintu khusus di surga untuk orang-orang yang memiliki keunggulan amal dalam berpuasa, yakni Ar-Rayyan.

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “Ar Rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, 'Mana orang yang berpuasa?' Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

7. Menyehatkan Badan

Meskipun kita tidak makan dan minum selama sekitar 12 jam, namun menurut berbagai penelitian, puasa justru menyehatkan. Puasa bisa menjaga berat badan kita agar ideal, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang dipicu oleh berat badan berlebih. Puasa juga menyehatkan jantung, sistem pencernaan, bisa mengontrol gula darah, dan berbagai manfaat positif lainnya untuk kesehatan.

Tentu masih banyak manfaat dan keutamaan dari berpuasa di bulan Ramadhan. Maka, jangan sia-siakan. Yuk, optimalkan Ramadhan kita!

Posting Komentar untuk "7 Keutamaan Ramadhan, Yuk Optimalkan!"

banner
banner
banner
banner