Sedih! 23 Warga Negara Ini Dilarang Umroh Sementara, Negara Mana Saja?

Sedih! 23 Warga Negara Ini Dilarang Umroh Sementara, Negara Mana Saja?

Mendadak Arab Saudi membuat keputusan yang sangat mengejutkan. Kerajaan Arab Saudi melarang jamaah umroh dari berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk beribadah di tanah suci Mekah maupun Madinah. Rilis dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, diterima sejumlah media pada Kamis (27/2/2020), yang intinya menyetop masuknya warga negara asing yang menggunakan visa wisata ke negeri tersebut untuk sementara. Hal itu merupakan salah satu langkah Saudi Arabia untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus (COVID-19) ke negeri tersebut.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia (27/2/2020), mulai hari Jumat (28/2/) sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi termasuk untuk umroh. Ribuan jamaah yang sudah siap berangkat, terkatung-katung di Bandara dan gagal berangkat.

Keputusan Arab Saudi tersebut sangat mengejutkan. Indonesia adalah negara dengan jamaah umrah terbanyak nomor dua. Menurut data dari Kantor Berita Antara, antaranews (28/2/2020), pada kurun waktu 31 Agustus hingga 20 Desember 2019, ada 443.879 jamaah umroh dari Indonesia. Hanya kalah dari Pakistan, 495.270.

Ada 23 negara yang dilarang masuk ke Arab Saudi untuk sementara waktu. Negara-negara tersebut merupakan negara yang terdampak COVID-19. Negara-negara tersebut adalah: China, Taiwan, Iran, Italia, Korea Selatan,  Jepang,Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, Vietnam,

Dimasukkannya Indonesia menjadi salah satu dari 23 negara tersebut menimbulkan tanda-tanya, karena hingga saat ini, menurut klaim Indonesia, belum ada kasus infeksi COVID-19 di Indonesia.
LihatTutupKomentar