8 Tips Melawan Kuman Berbahaya, Termasuk Corona Virus Menurut Dokter

8 Tips Melawan Kuman Berbahaya, Termasuk Corona Virus Menurut Dokter


Saat ini, masyarakat seluruh dunia sedang dihebohkan dengan virus corona alias COVID-19. Baru-baru ini, dikabarkan bahwa 6 orang Indonesia dinyatakan positif virus mematikan ini. Sementara, angka penularan virus ini di seluruh dunia semakin naik. Selain China, negara-negara seperti Korea Selatan, Italia dan Iran juga merupakan negara dengan angka penyakit COVID-19 yang tinggi. Repotnya, hingga saat ini,belum ditemukan vaksin COVID-19.

Namun, jangan panik. Menurut dr. Andi Khomeini Takdir lewat akun Twitter @dr_koko28, ternyata ada satu kunci melawan virus corona dan juga virus-virus lainnya, yaitu imunitas.

"Tidak perlu panik dengan wabah corona. Perkuat pertahanan. Tiap hari kita berinteraksi dengan begitu banyak kuman. Alhamdulillah, kita dikaruniai sistem pertahanan, dimulai dari: kulit, mucus,  mikrobiome (kuman-kuman baik sekutu kita yang ada triliunan) dan sel epitelial," begitu cuit anggota Dokter Seribu Pulau, Founder & Chairman JDN Indonesia dan Founder A.D.V.I.S ini.

Dalam akun yang diikuti oleh 52.612 followers itu, Dokter Koko Menjelaskan, ada 8 tips agar imunitas kita menjadi prima. Apa saja?

1. Tidur 5-7 jam (dalam kondisi gelap)
2. Moderate exercise
3. Vit D1000 IU (atau berjemur 15-30 menit sehari)
4. Vit C 100-200 mg
5. Brokoli segenggam tangan untuk dikonsumsi
6. Bawang
7. Probiotic (yoghurt/kefir)
8. Tebarkan Wajah tersenyum dengan mata tersenyum dan salam.

Nah, terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yuk!


LihatTutupKomentar