Hari Guru Nasional, Inilah 7 Quotes Tentang Guru yang Sangat Menyentuh!

Sumber: www.afifahafra.com


Setiap tanggal 25 November, negeri kita memperingati Hari Guru Nasional. Barangkali ada di antara pembaca yang belum tahu sejarahnya? Dilansir dari fkip.unila.ac.id (24/11/2013), pada tanggal 24-25 November 1945, digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta. Di akhir kongres, yakni 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berdiri, melebur semua organisasi kelompok guru yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. 

Para guru, dengan pekik "merdeka" ikut bergabung bersama para pejuang lainnya, mempertahankan proklamasi kemerdekaan RI. Lantas, berdasarkan Kepres Nomor 78 Tahun 1994, tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

Kita semua pasti pernah memiliki guru yang sangat inspiratif bukan? Banyak sekali pengalaman indah bersama para guru. Nah, berikut ini Admin tuliskan beberapa quotes tentang guru dan kegiatan belajar mengajar.

1. Quotes 1 - Hadist Nabi

“Saat kami sedang duduk-duduk di masjid, maka keluarlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian duduk di hadapan kami. Maka seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Tak satu pun dari kami yang berbicara” (HR. Bukhari).

Hal ini menunjukkan betapa hormat para sahabat terhadap Rasulullah SAW, yang merupakan guru mereka.

2. Quotes 2 - Atsar Sahabat

“Tawadhulah kalian terhadap orang yang mengajari kalian”. (Umar Bin Khattab).

Bukankah kita memang tak boleh bersikap sombong kepada siapapun? Apalagi kepada guru.

3. Perkataan Imam Syafi'i

“Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus siap menahan perihnya kebodohan” (Imam Syafi'i).

Dalam belajar, seringkali kita harus menghadapi kelelahan yang teramat sangat. Akan tetapi, bukankah itu jauh lebih baik jika kita mengalami berbagai macam problematika besar, karena kebodohan kita?

4. Perkataan Albert Einstein

“Anyone who has never made a mistake has never tried anything new.” Siapapun yang tak pernah membuat kesalahan, dia tak akan pernah mencoba hal baru. (Albert Einstein).

Bukankah memang demikian adanya? Dalam setiap proses pembelajaran, kita sering sekali melakukan kesalahan dan guru kita, dengan penuh kesabaran, akan membimbing kita.

5. Perkataan Teachorg

"Teaching is a profession that teaches all other professions. Mengajar adalah sebuah profesi yang mengajar profesi lain." (Teachorg).

Betapa mulia profesi guru, karena dari profesi itu, berawal profesi-profesi lainnya yang sangat beraneka ragam.

6. Perkataan Pitoyo Amrih

“Guru Sejati tak pernah mengabarkan bahwa dia memiliki ilmu dia juga tak pernah berkehendak mengumpulkan murid-murid sebagai tempat berbagi kesaktian justru para murid itu yang datang dengan sukarela untuk menimba pengetahuan…” (Pitoyo Amrih, Resi Durna, Sang Guru Sejati).

Tepat sekali, seorang guru tidak akan menyombongkan ilmunya. Namun kedalaman ilmunya, memancarkan karisma yang membuat orang berbondong-bondong mendatanginya.

7. Perkataan Afifah Afra

"Di sekolah kehidupan, guru tanpa seragam hadir di setiap detik waktumu. Maka, kasihi dia sebanyak detak jantungmu." (Afifah Afra).

Selain sekolah formal, ada juga sekolah kehidupan, yang berjalan sepanjang waktu. Maka, kasihi gurumu yang telah mendidikmu tiada henti, di sepanjang hidupmu.


Belum ada Komentar untuk "Hari Guru Nasional, Inilah 7 Quotes Tentang Guru yang Sangat Menyentuh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

banner

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner