Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner
banner

Khasiat dan Manfaat Habbatussauda Ternyata Dahsyat! Apa Saja?

Habbatussauda (foto: boldsky.com)

Tahukah Anda apa itu habbatussauda? Pasti sudah akrab dan bahkan rutin mengonsumsinya, ya? Baguslah jika begitu. Jika belum, izinkan Redaksi Demuslim untuk menjelaskan betapa hebatnya herbal yang satu ini. Menurut para ahli, bahwa habbatussauda ini sangat baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, serta mengobati banyak sekali penyakit. Bahkan, saat ini, banyak kalangan menyebutkan bahwa habbatussauda bisa juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona. 


Habbatussauda juga dikenal sebagai jintan hitam, atau black cumin. Bentuknya aslinya adalah biji-biji ukuran kecil berwarna hitam. Saat ini, banyak dijual dengan kemasan serbuk dan kapsul. Dalam bahasa ilmiah, habbatussauda disebut sebagai Nigella sativa, merupakan tumbuhan alami yang hidup di di kawasan Eropa Timur (seperti Bulgaria, Cyprus, Romania), Afrika Utara dan juga kawasan Asia Barat seperti Turki, Arab, Persia dan sebagainya. Bangsa Arab sudah menggunakan herbal ini sebagai obat. 


Demikian juga di masa Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah r.a., disebutkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya pada habbatussauda  itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian.” (HR. Muslim).


Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov (2013 May; 3(5): 337-352), banyak senyawa aktif pada jintan hitam telah diisolasi, diidentifikasi dan dilaporkan secara ilmiah. Di antaranya: thymoquinone, p-cymene, carvacrol, 4-terpineol, t-anethol dan sebagainya. Bijinya juga kaya asam lemak tak jenuh, khususnya asam linoleat, asal oleat, asam eikodadienoat, dan asam dihomolinoleat. Masih banyak sekali kandungan zat-zat aktif yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.


Jintan hitam juga mengandung kalsium, zat besi, natrium, kalsium, serat kalium, dan juga antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sejumlah gangguan kesehatan disebut-sebut bisa dihindari jika kita rutin mengonsumsi habbatussauda, di antaranya darah tinggi, kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi dan sebagainya. Dengan demikian, habbatussauda terbukti bisa mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, stroke, bahkan kanker.


Bagaimana dengan Covid-19?

Memang belum ada bukti kuat bahwa habbatussauda bisa mengobati Covid-19.  Akan tetapi, dalam Jurnal Internet Scientific Publication, ISPUB (Vol. 18/1/2020), disebutkan bahwa Nigella sativa mulai diteliti untuk treatment terhadap Covid-19. Disimpulkan bahwa Nigella sativa memiliki potensi sebagai terapi komplementer untuk pengobatan Covid-19. Habattussauda juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, yang sangat penting dalam proses pengobatan Covid-19.


Nah, keren sekali kan khasiat jintan hitam? Mungkin, inilah salah satu rahasia mengapa Rasulullah SAW dan para sahabat begitu prima tingkat kesehatan dan kebugarannya. Yuk, konsumsi rutin! Tapi awas, sifat jintan hitam ini lebih sebagai semacam suplemen, dan tidak menggantikan obat-obatan medis. Jika Anda sakit dan memerlukan perawatan, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter tentang pemakaian habbatussauda ini.


Referensi:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3642442/

http://ispub.com/IJID/18/1/55091


Posting Komentar untuk " Khasiat dan Manfaat Habbatussauda Ternyata Dahsyat! Apa Saja?"

banner
banner
banner
banner