Ratusan Penulis Ngumpul, Dari Asma Nadia hingga Kang Abik, Inilah Serunya Silnas FLP 2020!


Salah satu komunitas literasi di Indonesia yang sudah lama eksis adalah Forum Lingkar Pena (FLP). Bahkan, bisa dikatakan, FLP adalah komunitas dengan anggota terdata paling besar se-Indonesia. Menurut Afifah Afra, Ketua Umum BPP FLP saat ini, sudah ada 3000 lebih anggota FLP yang terverifikasi dan memiliki KTA serta NRA (nomor registrasi anggota). 

Pada 28-29 November besok, FLP memiliki hajatan besar, yaitu Silaturahim Nasional 2020. "Sebenarnya Silnas ini harusnya diselenggarakan secara luring, berkumpul di suatu tempat seperti biasa. Tetapi, karena kondisi pandemi, terpaksa berlangsung secara daring," ujar Afifah Afra kepada redaksi Demuslim. Menurutnya, Silnas merupakan agenda wajib yang terdapat dalam AD/ART FLP, sebagai sebuah agenda persiapan menjelang Munas yang akan diselenggarakan tahun 2021. Jika tidak ada halangan, Munas 5 FLP ini akan diselenggarakan di kota Malang.

Silnas 2020 memiliki 2 agenda, yaitu internal dan eksternal. Agenda internal merupakan agenda wajib dan merupakan inti dari Silnas itu sendiri. Sekitar 300 delegasi dari wilayah dan cabang di Indonesia serta luar negeri, telah mengkonfirmasi kehadirannya. Dari 300 delegasi, nanti akan dipecah menjadi 3 komisi, yaitu komisi A (membahas AD/ART), komisi B (membahas sistem kaderisasi) dan komisi C (membahas bisnis, kerja sama, rumah cahaya dan Blogger FLP).

"Tidak sedetil Munas, tetapi di Silnas, kita juga membahas hal-hal yang nanti akan dibahas di Munas. Jadi, ini semacam persiapan, begitu," tutur Afifah Afra. Agenda internal akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 November 2020.

Adapun agenda eksternal yaitu Parade Gagasan, berlangsung esoknya, Minggu, 29 November 2020. Sejumlah penulis senior FLP, yaitu Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Maimon Herawati, M. Irfan Hidayatullah, Habiburrahman El-Shirazy (Kang Abik), S. Intan Savitri, Sinta Yudisia, Ali Muakhir dan Rahmadiyanti Rusdi, akan hadir memaparkan gagasan untuk literasi Indonesia. Jika acara Silnas internal berlangsung melalui Zoom dan khusus delegasi, acara Parade Gagasan dibuka untuk umum. Parade Gagasan bisa diakses melalui Zoom dan disiarkan di akun Youtube Forum Lingkar Pena.

Selain Parade Gagasan, juga akan dilaunching perpustakaan digital Rumah Cahaya Forum Lingkar Pena, majalah digital Lingkar Pena, serta Komisi FLP untuk Palestina. Juga akan disosialisasikan logo FLP yang sudah terstandardisasi.

Bagi pecinta literasi yang akan bergabung di acara ini, bisa menghubungi narahubung 085770682998 (Ririn).

Ditulis oleh Redaksi.

Belum ada Komentar untuk "Ratusan Penulis Ngumpul, Dari Asma Nadia hingga Kang Abik, Inilah Serunya Silnas FLP 2020!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

banner

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner