Dari Webinar Kesehatan Hingga Bagi 1000 Masker, Semarak Hari Ibu PKS Solo

Ori Nako, Ketua BPKK PKS Solo

Dalam rangka Hari Ibu, sejumlah kalangan telah menyiapkan berbagai agenda. Salah satunya adalah BPKK (Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga) PKS Kota Surakarta. Berikut ini adalah rilis yang diterima oleh redaksi.

Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2020, disambut dengan semarak oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surakarta. Salah satu divisinya, yakni Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), menggelar kegiatan Semarak  Hari Ibu 2020 yang bertema “Ibu, pilar keluarga sehat di era pandemi.”

Tema tersebut diangkat karena di era pandemic, yang masih saja belum menunjukan tanda-tanda akan reda, peran ibu memang sangat dominan. Menurut ketua BPKK DPD PKS Kota Surakarta, Ori Nako, SP, M.Pd, Ibu harus memiliki kesehatan jasmani dan ruhani yang prima di era pandemi agar tetap bisa konsisten  melahirkan, mendidik dan mendampingi generasi yang berkualitas. “Pemasangan MMT, webinar serta pemberian masker dan handsanitizer dalam Semarak Hari Ibu kali ini diharapkan bisa menjadi sumbangsih BPKK PKS untuk para Ibu. Sebagai ajakan dan dukungan untuk terus menjaga kesehatan jasmani diri dan keluarga. Adapun kontes  foto dan anak diharapkan bisa menjadi sarana refreshing  untuk melepas kepenatan sekaligus menjalin komunikasi dengan anak. Semoga Ini bisa menjadi sarana untuk menjaga kualitas rohani Ibu,” ujar Ori Nako.

Semarak Hari Ibu 2020 merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi Webinar Kesehatan Anak, Kontes Foto Ibu & Anak: Spirit Oranye, pemasangan spanduk edukasi, dan program 1000 Masker untuk Ibu. Kegiatan ini berlangsung selama satu pekan, mulai dari Senin (21/12) hingga puncaknya pada Sabtu (26/12).

Kontes Foto Ibu & Anak: Spirit Oranye, sudah dimulai sejak pertengahan bulan Desember 2020 kemarin. Target peserta adalah ibu milenial berusia maksimal 40 tahun yang berdomisili di Kota Surakarta yang berfoto bersama anaknya menggunakan kostum berwarna oranye. Tujuan dari kontes ini adalah untuk sosialisasi logo baru PKS. 

“Warna branding PKS tetap putih, tetapi memang ada perubahan warna pada simbol bulan sabit dari kuning ke oranye,” ujar Ori Nako.

Pemasangan spanduk edukasi hari ibu dilakukan di 12 titik secara merata, yakni Laweyan, Banjarsari, Jebres, Pasarkliwon dan Serengan. Sementara, pembagian 1000 Masker untuk Ibu akan diselenggarakan pada tanggal 25 Desember secara serempak, melibatkan BPKK DPC PKS di seluruh kecamatan yang ada di kota Surakarta. Selain masker, juga dibagikan hand sanitizer serta stiker berupa logo baru PKS.

Puncak dari kegiatan Semarak Hari Ibu 2020 adalah Webinar Kesehatan Anak yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 26/12/2012 jam 09.00 sampai selesai. Webinar ini mengambil tema: “kiat sehat selama pembelajaran home visit di masa pandemi”, menghadirkan pembicara pakar kesehatan anak, yaitu dr. Tien Budi Febriani, M.Sc., Sp.A. Pembicara berkarir sebagai dosen Fakultas Kedokteran UII, dan juga sebagai dokter di RS JIH Yogyakarta. Moderator dari acara ini adalah Miftakhul Djannah, S.Pd seorang praktisi pendidikan.

Menurut Nurul Afifah, Ketua BPKK DPC PKS Banjarsari yang menjadi panitia pelaksana webinar, tema webinar dipilih karena adanya wacana Pembelajaran Tatap Muka di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Pembelajaran home visit menjadi salah satu metode yang sedianya akan dilaksanakan oleh beberapa Lembaga Penyelenggara Pendidikan. Sehingga segala persiapan pun harus dilakukan oleh pihak sekolah maupun orang tua, baik persiapan psikologis maupun kesehatan.

 "Harapannya dengan adanya webinar ini bisa makin meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan pihak-pihak yang terkait, di antaranya para orang tua dan anak, serta para guru selaku penyelenggara pendidikan,” kata Nurul.

Webinar akan berlangsung secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan akun Youtube PKS Kota Solo. Seluruh masyarakat bisa mengikutinya secara gratis dengan menghubungi narahubung 085924061985 (Yuni).


Belum ada Komentar untuk "Dari Webinar Kesehatan Hingga Bagi 1000 Masker, Semarak Hari Ibu PKS Solo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

banner

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner