Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner
banner

Kasus Covid-19 Terus Naik, Yuk Perkuat Imunitas Dengan Makanan Ini!

Foto: alamy

Wabah Covid-19 benar-benar semakin merajalela. Tiap hari, selalu saja kita mendengar  kabar duka tentang wafatnya orang-orang yang kita kenal. Angka kasus positif juga terus saja naik, dan grafiknya belum turun hingga sekarang. Lebih miris lagi, daya tampung rumah sakit juga semakin hari semakin berkurang karena membanjirnya pasien.


Salah satu cara untuk bisa melawan Covid-19 adalah memperkuat kekebalan atau imunitas tubuh. Sebab, hingga sekarang belum ada obat yang terbukti efektif membunuh virus corona. Vaksin juga masih diujicobakan dan belum terlalu banyak riset yang membuktikan keampuhannya. Maka, satu-satunya cara yang bisa diandalkan untuk membentengi tubuh dari penyakit ini adalah imunitas tubuh.


Tahukah Anda, bahwa vitamin D merupakan salah satu penguat imunitas yang sangat tokcer. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov (5/8/2020), vitamin D ternyata bisa mengaktifkan 200 hingga 500 gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Peran vitamin D dalam imunitas manusia telah dipelajari secara intensif selama lebih dari 20 tahun. Riset membuktikan bahwa vitamin D juga dapat mengaktifkan peptida antimikroba yang disekresikan pada permukaan mukosa dan memiliki kapasitas untuk membunuh bakteri dan virus.

Apakah vitamin D terbukti efektif melawan virus corona? Dilansir dari healthline.com (12/10/2020), memang penelitian bahwa vitamin D bisa mengurasi risiko Covid-19 masih terbatas, dan masih berlanjut. Akan tetapi, mengasup kadar vitamin D secara proporsional, bisa membantu meningkatkan kesehatan karena meningkatnya kekebalan tubuh.


Apa saja makanan yang mengandung vitamin D? Menurut situs webmd.com (22/7/2020), beberapa makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi antara lain sebagai berikut.

1- Ikan. Minyak ikan merupakan sumber vitamin D yang melimpah. Ikan seperti tuna, mackerel dan salmon memiliki kandungan minyak ikan yang tinggi.

2- Makanan yang diperkaya dengan vitamin D, misal produk susu, susu kedelai, sereal dan jus jeruk.

3- Hati sapi

4- Keju

5- Kuning telur

Selain itu, jamur, tiram, brokoli dan tahu tempe juga merupakan makanan yang kaya vitamin D. Yuk, segera konsumsi makanan-makanan sehat ini! Semoga kita semua dilindungi dari wabah mematikan ini.

Posting Komentar untuk "Kasus Covid-19 Terus Naik, Yuk Perkuat Imunitas Dengan Makanan Ini!"

banner
banner
banner
banner