Widget HTML #1

Manfaat dan Kiat Sukses Shalat Tahajud

shalat tahajud

Salah satu ibadah yang sangat utama untuk kaum Muslimin berefek terhadap kesuksesan hidup seseorang adalah Shalat Tahajud. Shalat tahajud pada dasarkan adalah shalat malam atau qiyamul lail, karena dilakukannya memang di malam hari. Mayoritas ulama fiqih sepakat bahwa hukum shalat tahajud adalah sunnah, dan yang dilakukan di malam hari, umumnya dilakukan setelah bangun tidur. 

Mazhab Syafii sepakat bahwa shalat tahajud harus dilakukan setelah tidur. Namun, menurut Syekh Abu Bakr Ibnul ‘Arabi, para ulama terbagi dalam 3 pendapat, yakni bahwa shalat tahajud itu bisa 1) tidur, shalat tahajud, dan tidur lagi; 2) tidur, lalu bangun dan shalat; 3) boleh dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu setelah shalat Isya. Akan tetapi, yang paling kuat dan afdhal adalah pendapat kedua. Demikian dijelaskan oleh Ustadz Ammi Nur Baits dari konsultasisyariah.com.

Pada shalat tahajud, ketika orang lain sedang terlelap tidur, dia akan bangun dan mendekat kepada Allah SWT. Inilah yang membuat Allah akan menempatkan orang-orang yang rajin melakukan shalat tahajud dalam derajat yang tinggi. Allah sangat mencintai orang-orang yang shalat tahajud dan memberikan banyak keutamaan sebagai balasannya. 

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15-18).

Allah SWT juga akan membuka ampunan seluas-luasnya untuk orang-orang yang bangun di malam hari dan mengerjakan shalat tahajud. Allah juga akan mengabulkan doa-doa yang terlantun di malam hari. Itulah mungkin, mengapa orang-orang yang rajin shalat tahajud, biasanya memiliki hidup yang bahagia dan sukses.

Nabi bersabda, "Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, 'Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kiat Agar Sukses Shalat Tahajud

Meski memiliki banyak sekali keutamaan, mengerjakan shalat tahajud itu tidak mudah. Karena shalat tahajud memang termasuk sulit dikerjakan, mengingat waktunya pada malam hari, saat banyak orang tertidur lelap. Berikut ini adalah kiat-kiat agar sukses shalat tahajud.

Niat yang kuat

Agar diberikan kemudahan untuk shalat tahajud, niatkan dalam hati Anda untuk melakukan shalat tahajud. 

Nabi SAW bersabda,

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ

innamal a'malu binniyat, artinya "sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya" (H.R. Bukhari dan Muslim). Segala sesuatu memang berawal dari niat, karena amalan yang tidak ada niat, maka akan tertola, termasuk dalam hal ini tentu shalat tahajud.

Tidur di awal waktu

Kiat selanjutnya, cobalah untuk tidur cukup di awal, sehingga Sobat bisa bangun dengan lebih mudah saat waktu tahajud tiba. Bagaimana mungkin kita bisa dengan mudah bangun malam, jika aktivitas kita di malam hari bertumpuk-tumpuk dan sering lembur. Jadi, jangan begadang. Setelah menyelesaikan shalat isya dan semua urusan selesai, sebaiknya sesegera mungkin kita tidur. Hindari juga beberapa hal yang bisa membuat kita sulit tidur di awal, misal minum kopi, olahraga di malam hari, atau menonton film atau membaca buku yang jalan ceritanya menegangkan.

Kuatkan Motivasi

Motivasi yang kuat bisa dibangun dengan memperbanyak mengkaji keutamaan-keutamaan shalat tahajud. Motivasi juga bisa dilakukan dengan cara melakukan iqob atau menghukum diri sendiri saat kita tidak bangun untuk shalat malam, misal dengan tidak makan makanan kesukaan, memberi denda kepada diri sendiri, dan sebagainya. 

Untuk menguatkan motivasi, berdoalah selalu kepada Allah SWT, terutama menjelang tidur. Berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Allah memudahkan kita untuk bangun malam dan shalat tahajud.

Bekerjasama dengan Anggota Keluarga

Dahulu, saat Admin masih indekos, shalat malam menjadi lebih mudah, karena biasanya di kos saling menyemangati dan membangunkan untuk shalat tahajud. Maka, jika mungkin, ajak teman atau anggota keluarga untuk saling mengingatkan, lalu bangun bersama dan bila perlu shalat berjamaah. 

Pasang alarm

Ini tips yang paling cocok untuk admin. Biasanya, saya akan memasang alarm agar kita bisa bangun malam, misal jam 3 atau jam 3.30 untuk tahajud. Sejauh ini, saya merasa sangat terbantu dengan alarm ini. Tetapi, hati-hati, ketika kita memasang alarm, jangan sampai alarm kita menganggu orang lain karena berdering terlalu keras dan terus menerus.

Istighfar dan Jauhi Maksiat

Tak kalah penting agar kita dimudahkan shalat tahajud adalah: jauhi maksiat sejauh-jauhnya, karena ini kendala yang bikin sulit bangun malam untuk tahajud. Kondisi bermaksiat akan membuat kita terlena dan sulit untuk bisa berasyik masyuk dengan Allah SWT. Sering-seringlah memohon ampun dan beristighfar sebanyak mungkin.

Aturlah Makanan dan Jaga Kesehatan

Makanlah secukupnya saja. dengan makanan yang halal dan thayyib. Jangan makan hal-hal yang diharamkan dan makanan yang tidak baik. Rajinlah berolahraga dengan seimbang di pagi atau sore hari, sehingga badan kita sehat dan mudah untuk bangun malam.

Itulah beberapa keutamaan dan kita sukses untuk bisa rajin shalat tahajud. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada kita semua. [yms].


Posting Komentar untuk "Manfaat dan Kiat Sukses Shalat Tahajud"

banner
banner