Widget HTML #1

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat Kimia, Cespleng Lho!

Foto: menshealth.com
Seharian, Ditya merasa tak nyaman. Kepalanya berdenyut-denyut kencang, benar-benar sangat mengganggu. Apakah Anda pernah merasakan hal seperti Ditya?

Ya, sakit  kepala memang terasa sangat mengganggu, terlebih jika kadar nyerinya cukup kuat. Semakin merepotkan jika sakit kepala hadir saat kita sedang sibuk mengurusi pekerjaan, sementara, minum obat justru akan membuat kita mengantuk dan tidur.

Sebagaimana dikutip dari situs mayoclinic.com (4/5/2016), sakit kepala terbagi menjadi dua jenis, yaitu sakit kepala primer (primary headaches) dan sakit kepala sekunder (secondary headaches).

Sakit kepala primer merupakan sakit kepala yang bukan gejala penyakit tertentu, namun disebabkan karena berbagai aktivitas seperti stres, kurang makan, kurang tidur, posisi tidur atau duduk yang tidak tepat, saraf tegang, aliran darah kurang lancar, dan sejenisnya. Sementara, sakit kepala sekunder adalah gejala dari penyakit tertentu yang cukup serius. Migrain, kepala dan leher terasa tegang dan sakit kepala cluster merupakan jenis dari primary headache.

Banyak kasus sakit kepala merupakan sakit kepala jenis primary headaches. Berikut ini adalah 5 cara mudah mengatasi kepala tanpa pertolongan obat.

1.    Pijatan di area khusus. Menurut Mehmet Oz & Michael Orizen dalam buku “YOU: Being Beautiful”, sebagaimana dikutip dari ayahbunda.co.id (retrieved 7/11/2017), jika terserang sakit kepala, cobalah pijit bagian titik temporalis, yaitu area pelipis, atau juga di titik belakang telinga di bawah tulang besar.

2.    Pijatan di daerah jari juga bisa mengatasi sakit kepala primer, yaitu di daerah lembah pertemuan antara ibu jari dengan jari telunjuk. Carilah titik yang jika ditekan terasa sakit, lalu pijat dengan lembut sampai rasa sakit kepala berkurang. Bisa juga memijat ruas kedua dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking dengan lembut secara bergantian.

3.    Ambilah air putih, dan minum secukupnya. Bisa jadi, sakit kepala disebabkan karena dehidrasi.

4.    Jahe juga merupakan bahan alami yang bisa mengurangi sakit kepala. Demikian juga cengkeh. Ambilah sepotong jahe, memarkan, lalu rebus dengan air dan campur dengan beberapa butir cengkeh. Minumlah saat hangat.

5.    Mandi dan keramaslah sembari memijat-mijat kepala dengan lembut. Bisa juga dengan melakukan creambath di salon terdekat.

6.    Lakukan relaksasi berupa perengangan dan pernapasan. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan atara lain:
•    Angkat kedua tangan ke atas, lalu satukan jari jemari dan tarik ke kanan, kiri, depan dan belakang masing-masing 8 hitungan, sembari mengatur pernapasan.
•    Letakan tangan di belakang kepala, lalu dorong kepala hingga menekuk ke depan, belakang, kanan dan kiri masing-masing 8 hitungan, sembari mengatur pernapasan.
•    Duduk, lalu cium lutut sebisa mungkin, dalam 8 hitungan. Lakukan beberapa kali sembari mengatur pernapasan.

Beberapa cara tersebut telah terbukti ampuh menghilangkan sakit kepala. Akan tetapi, jika sakit kepala terus terasa, sebaiknya datanglah ke dokter terdekat untuk periksa. Selamat mencoba!

Ditulis oleh Yeni Mulati Afra.

Posting Komentar untuk "6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat Kimia, Cespleng Lho!"