Widget HTML #1

Rahasia Hidup Bahagia Menurut Profesor Taufik Kasturi

Prof. Taufik Kasturi

Ada yang menarik dari bedah buku "Psikologi Kebahagiaan" yang diselenggarakan oleh Alumni Magister Psikologi UMS, Sabtu 29 Juli 2023 kemarin. Pembicara sekaligus penulis buku tersebut, Prof. Taufik Kasturi, P.Hd memberikan perspektif yang termasuk baru dalam memandang masalah kebahagiaan. Menurutnya, kunci dari kebahagiaan adalah bagaimana seseorang bersikap qanaah, atau merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. 

Ada sebuah hadist yang berbunyi, “Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberi rezeki yang cukup, dan diberikan oleh Allah sikap qana’ah (rasa cukup) terhadap pemberian-Nya” (HR. Tirmidzi).

Dalam pemaparannya, Prof. Taufik Kasturi, penulis buku Psikologi Kebahagiaan, yang juga merupakan dekan dan pengajar di Fakultas Psikologi UMS juga menyebutkan, bahwa kebahagiaan merupakan tujuan hidup semua orang, namun tak semua jenis kebahagiaan mampu mengantarkan seseorang pada kebahagiaan sejati, yaitu selamat dunia akhirat. Dalam perspektif Psikologi Islam, ruang lingkup kehidupan seorang manusia tidak hanya dunia, tetapi juga akhirat, sehingga segala sesuatu yang dilakukan di dunia, harus memiliki implikasi positif untuk akhirat. Oleh karena itu, kebahagiaan yang dicari di dunia, harus selaras dengan aturan-aturan yang digariskan oleh Sang Pencipta alam semesta, Allah SWT.

Insan yang berbahagia menurut beliau adalah insan yang memiliki karakter positif kehidupan yang baik, yang disebut hayatan thoyibah, dengan ciri khas: sehat jasmani dan ruhani, sabar, ridho pada takdir, dan sikap qonaah.

Prof. Taufik juga mengkaitkan antara kebahagiaan dengan hadist, “Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

Orang seperti itu, menurutnya adalah orang yang merupakan "well-being person", yaitu orang-orang yang memiliki purpose of life (tujuan hidup), positif thinking, self acceptance (penerimaan terhadap diri sendiri), patience (kesabaran), gratitude (kebersyukuran), dan positive relations (relasi yang positif dengan orang-orang di sekitarnya).

Selain Prof. Taufik,  penulis kedua buku ini, Yeni Mulati, M.Psi juga menyampaikan, bahwa kebahagiaan adalah sebuah pencapaian, karena itu manusia harus mengerahkan upaya agar bisa berbahagia, salah satunya dengan mengoptimalkan senyawa-senyawa kebahagiaan yang ada pada tubuhnya seperti hormon endorfin, serotonin, oksitosin, vasopresin dan sebagainya. Berbagai aktivitas seperti ibadah, olahraga, seni, menekuni hobi, bahkan humor, menurutnya bisa membuat tubuh mensekresi hormon-hormon tersebut dan merasa bahagia.

Pembedah buku ini, Arifah Handayani, M.Psi yang juga mahasiswa S3 Psikologi UMS, menyebutkan bahwa buku ini sangat bagus untuk dibaca siapapun, namun memang ada beberapa kekurangan, seperti sistematika kepenulisan yang masih perlu dirapikan.

Seminar dan Bedah Buku di Ruang Seminar Lantai 5 Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut diselenggarakan oleh Program Studi Magister Psikologi UMS dan Forum Alumni Magister Psikologi UMS. Acara dihadiri sekitar 150 peserta dan panitia Seminar dan Bedah Buku Psikologi Kebahagiaan yang diselenggarakan oleh Program Studi dan Alumni Magister Psikologi UMS memenuhi ruangan yang telah didekorasi indah oleh panitia. Peserta terdiri dari alumni serta mahasiswa Magister Psikologi UMS, serta peserta umum yang mayoritas berasal dari Solo Raya. 

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Kaprodi Magister Psikologi UMS, Dr. Eny Purwandari, M.Si yang menjadi pembicara kunci (keynote speaker), penulis buku Psikologi Kebahagiaan, yakni Prof. Taufik Kasturi, PhD dan Yeni Mulati, MM, M.Psi serta pembedah, Arifah Handayani, M.Psi. [US].

Posting Komentar untuk "Rahasia Hidup Bahagia Menurut Profesor Taufik Kasturi"

banner
banner