Widget HTML #1

5 Alasan Mengapa Sedekah di Hari Jumat


Hampir setiap hari Jumat, banyak kaum Muslimin berlomba-lomba untuk mengeluarkan sedekah. Tak hanya di bulan Ramadhan, di hari-hari biasanya pun, kaum Muslimin dengan ikhlas mengeluarkan sebagian hartanya, mulai dari infak, hingga sedekah nasi Jumat. Mungkin ada yang bertanya, mengapa kita dianjurkan untuk bersedekah di hari Jumat?

Setidaknya ada lima alasan mengapa sebaiknya kita bersedekah pada hari Jumat. Apa saja?

1. Menjalankan Sunnah Nabi

Sedekah di hari Jumat merupakan salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk meningkatkan perbuatan baik, termasuk bersedekah. Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi afdhalnya atau utamanya adalah pada hari Jumat. Hadis-hadis mengenai keutamaan bersedekah pada hari Jumat telah menjadi pedoman bagi umat Islam untuk beramal kebajikan pada hari ini.

Nabi bersabda, "Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (HR Ibnu Khuzaimah).

2. Jumat adalah Sayyidul Ayyam

Dalam ajaran agama Islam, hari Jumat adalah hari yang dianggap istimewa dan memiliki berkah tersendiri. Jumat adalah sayyidul ayyam, atau tuannya para hari. Jika setiap pekan ada satu hari yang dijadikan sebagai hari raya pekanan, hari tersebut adalah hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat diyakini dapat meningkatkan berkah dalam hidup seseorang dan membawa keberuntungan. Dalam sebuah hadist, Nabi bersabda

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. (HR Ahmad)

3. Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

Salah satu motivasi untuk bersedekah, tentu saja adalah pahala, bukan? Bagaimana jika kita mendengar bahwa Allah akan melipatgandakan pahala di hari-hari tertentu? Tentu kita akan sangat bersemangat untuk bersedekah. Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda,

Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

4. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Bersedekah sangat diperlukan dan ditunggu-tunggu oleh kaum yang membutuhkan. Mereka adalah kaum fakir dan miskin yang perlu kita bantu agar berkurang kesulitan hidupnya. Bersedekah pada hari Jumat adalah cara untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Dengan memberikan kepada mereka yang membutuhkan, kita dapat membantu mengurangi penderitaan orang lain dan memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.

5. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Apapun amalan yang kita lakukan, akan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, termasuk bersedekah. Bersedekah pada hari Jumat juga dapat membantu seseorang untuk bisa memiliki moral yang baik dan karakter pribadi yang unggul. Bersedekah, meski hanya dengan sekeping uang logam seribu rupiah, merupakan cara untuk melatih diri sendiri dalam berbagi, belas kasihan, dan kemurahan hati, yang merupakan nilai-nilai penting dalam agama dan etika.

Jadi, mari bersedekah di hari jumat, akan tetapi, perlu kita pahami, bahwa sedekah tidak harus terbatas pada bersedekah hanya pada hari Jumat. Bersedekah adalah tindakan yang baik dan dianjurkan dalam Islam yang dapat dilakukan setiap hari untuk membantu orang lain dan mencari pahala dari Allah SWT, dan dapat dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu Jumat. Sebab, barangkali orang yang membutuhkan bantuan kita sedang butuh bantuan segera. Kita juga tidak tahu apakah kita memiliki umur panjang untuk bisa mencapai Jumat. [US].

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Sedekah di Hari Jumat"