Widget HTML #1

Deretan Pemimpin Terkuat Abad 1 Hingga 20 - Bagian 1

Akun Twitter atau X @PastProsperity baru-baru ini memposting deretan most poweful ruler atau penguasa dengan peran paling powerful dari abad ke abad. Penguasa ini terdiri dari para kaisar, raja, juga khalifah. Admin Demuslim tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut dengan sedikit penjelasan. Yuk, simak!

Abad 1: Augustus Caesar (Romawi)

Kaisar Augustus adalah gelar dari Octavianus, nama lengkapnya Gaius Iulius Caesar Octavianus. Octavianus naik takhta menggantikan Julius Caesar yang terbunuh. Octavianus lahir pada 23 September 63 SM dan meninggal pada 19 Agustus 14. Menjadi kaisar dari tahun 27 SM hingga 14 M. Di masanya itulah Nabi Isa lahir di Betlehem, yang saat itu berada di bawah kekuasaan Romawi.

Abad 2: Marcus Aurelius (Romawi)

Nama lengkapnya adalah Caesar Marcus Aurelius Antoninus Augustus, merupakan Kaisar Romawi yang berkuasa dari tahun 161 hingga 180. Meskipun seorang kaisar, dia dikenal bijaksana dan merupakan seorang filsuf. Dia menulis Meditations yang berisi renunang-renungan yang filosofis.

Abad 3: Diocletian (Romawi)

Diocletian atau Diokletianus, nama lengkapnya Gaius Aurelius Valerius Diocletianus. Kaisar Romawai yang berkuasa pada 284 hingga 305 Masehi.

Abad 4: Constantine The Great

Constantine The Great atau Konstantinus Agung atau Konstatinus I. Dia berkuasa sebagai Kaisar Romawi dari tahun 306 hingga 337 Masehi. Di masanya, dia membangun istana kekaisaran di Bizantium, dan nama kota tersebut diganti menjadi Konstantinopel. 

Abad 5: Atilla the Hun

Saat Kekaisaran Romawi Timur dan Barat mendominasi, di Eropa juga berkembang sebuah kerajaan Hun yang membentang dari Eropa Tengah hingga Laut Hitam. Rajanya dikenal sebagai Attila The Hun, berkuasa dari tahun 406 hingga 453.

Abad 6: Justinian I

Yustinianus I atau Yustinianus yang Agung berkuasa di Romawi Timur yang beribu kota di Konstantinopel. Kaisar ini berkuasa dari 527 hingga 565 M. Istrinya yang sangat kontroversia, Theodora, masa mudanya adalah seorang pekerja seni dan pelacur, namun setelah menjadi istri Kaisar, ikut membantu suaminya memerintah dan mencapai kejayaan di masanya.

Abad 7: Umar ibn Al-Khattab

Ini adalah era Islam. Umar bin Khattab merupakan Khalifah kedua dari Khulafaur Rasyidin yang beribu kota di Madinah. Umar hanya memerintah 10 tahun, yakni dari 634 hingga 644. Mengapa Umar, bukan Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, Ustman atau Ali? Sebab artikel ini membahas penguasa. Di era Umar, mulai ada sistem pelayanan publik, adanya polisi dan disiplin dalam aparat. Tentara Umar juga sukses menaklukkan beberapa daerah seperti Persia, Turki, Mesir, Tripoli, Armenia, termasuk kota suci Baitul Maqdis. Dalam masa pemerintahan beliau, 4.050 kota berhasil beliau futuhkan dengan sangat sedikit korban jiwa yang jatuh.

Abad 8: Charlemagne

Charlemagne, Charles The Great atau Karolus Agung adalah pendiri kekaisaran Roman Suci (Holy Roman Empire) yang berpusat di Eropa Barat. Beliau memerintah pada 768-814 Masehi.

Abad 9: Harun al-Rasyid

Khalifah Harun Al-Rasyid (766-809) adalah salah satu khalifah Dinasti Abbasiyyah yang paling terkenal. Beliau merupakan khalifah kelima dari Abbasiyyah, dengan pusat kekuasaan di Baghdad, berkuasa pada 786-803. Harun Al-Rasyid dikenal sebagai pemimpin yang sangat mencintai ilmu pengetahuan, sehingga pada masanya, ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat.

Abad 10: Otto The Great

Otto The Great adalah julukan untuk Otto I, dikenal juga sebagai Otto of Saxony, penguasa dari Kekaisaran Roman Suci. Lahir pada tahun 912 di Wallhausen, Jerman dan meninggal tahun 973 di Membleben, Jerman.

BERSAMBUNG KE BAGIAN DUA

Posting Komentar untuk "Deretan Pemimpin Terkuat Abad 1 Hingga 20 - Bagian 1"

banner
banner