Widget HTML #1

Sedekah Membuat Kaya, Ini 5 Sebabnya


Sedekah membuat kaya, benarkah? Ya, banyak penceramah, untuk memotivasi umat Islam, mengatakan bahwa sedekah tidak membuat seseorang menjadi miskin, namun justru membuat kaya. Sedekah bisa membuka pintu-pintu rezeki, agar seseorang bisa lebih lancar mendapatkan hak-haknya. 

Sebelum membahas lebih detail, kita tentu sama-sama memahami, bahwa salah satu ajaran agama yang sangat perlu kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sedekah. Sedekah merupakan kata dalam bahasa Indonesia. Aslinya dari bahasa Arab: shadaqah

Menurut Baznas (2016), shadaqah adalah "kebaikan--baik berupa harta atau non harta yang dikeluarkan oleh individu atau lembaga di luar zakat, yang bertujuan untuk kemashlahatan umum". Jadi, sedekah bisa berupa uang, yang kadang juga disebut sebagai infak, tapi juga bisa kebaikan lain, misal barang, bantuan tenaga, bahkan senyum pun bisa dinilai sebagai sedekah.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda, 

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu” (HR Tirmidzi no. 1956).

Lalu, apakah sedekah bisa membuat kita menjad kaya? Tentu, sedekah memiliki banyak keutamaan. Dan lima keutamaan di bawah ini, akan membuat kita semakin kaya jika mendapatkannya. Bukan hanya kaya harta, tetapi juga kaya hati, kaya makna, kaya jiwa.

Sedekah Memurnikah Harta

Mengapa sedekah bisa memurnikan harta? Karena sedekah membantu membersihkan harta sang pemilik dari berbagai kotoran, seperti asal mendapatkan harta yang tanpa sengaja tercampur dengan syubhat, bahkan mungkin haram. Hidup di dunia yang sistem kehidupannya bercampur aduk antara sistem yang Islami dan sistem sekuler, membuat kita sulit untuk menjaga kehalalan dari harta kita. Karena itu, kita perlu banyak bersedekah--di luar zakat yang sifatnya memang wajib, agar harta kita menjadi lebih bersih.

Sedekah juga bisa membuat kita terhindar dari sifat keserakahan dan kecintaan berlebihan terhadap materi. Dengan memberikan sebagian dari harta kepada yang membutuhkan, seseorang dapat menjaga agar harta tidak menjadi penyebab maksiat. Nah, bukankah ini adalah makna kaya yang sesungguhnya, yaitu kaya hati?

Peningkatan Rezeki

Secara eksplisit, dalam Islam, sedekah memang merupakan cara  untuk mendapatkan berkah dan bisa menyebabkan peningkatan rezeki dari Allah. Bukankah Allah memang Sang Maha Pemberi Rezeki? Memberikan sebagian dari harta kepada orang lain tidak akan menjadi pengurang harta kita, sebagai mana dalam sebuah hadist.

Rasulullah SAW bersabda, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). 

Tak hanya tak mengurangi harta, justru harta kita akan berkembang lebih banyak lagi. 

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261).

Menolak Bencana dan Musibah

Bencana dan musibah tentu akan sangat mengurangi kekayaan kita. Rumah ambruk, mobil rusak, harta benda terbawa banjir, penyakit yang terus menerus, dan sebagainya. Sedekah bisa menjadi benteng saat menghadapi itu semua. Dengan memberikan kepada yang membutuhkan, seseorang berharap mendapatkan perlindungan dari Allah terhadap berbagai ujian dan cobaan dalam hidup.

Rasulullah SAW bersabda, “Mintalah kesembuhan penyakitmu (kepada Allah) dengan bersedekah.” (HR. Al-Baihaqi, 3:193. Syaikh Al-Albani mengatakan hadits ini hasan sebagaimana dalam Shahih Al-Jaami’, 3358)

Memperoleh Pahala dan Keberkahan

Pahala dan berkah dari bersedekah sungguh sangat berlimpah. Sedekah adalah amal ibadah yang sangat baik untuk meraih pahala dari Allah. Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Nah, dengan ganjaran pahala yang berlimpah, kita tak akan hanya kaya di dunia, tetapi juga di akhirat, bukan? Amal kebaikan kita ini ibarat saldo yang surplus, untuk bekal kelak di akhirat. Bukankah hidup yang sebenarnya adalah kelak jika kita sudah berada di kampung akhirat?

Menjalin Persaudaraan 

Orang yang rajin sedekah, biasanya memiliki sahabat dan hubungan persaudaraan yang kuat dengan masyarakat. Akan terbangun silaturahmi yang baik jika seseorang rajin bersedekah. Padahal, silaturahim juga merupakan salah satu pembuka rezeki. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi." (HR. Muslim).

Nah, berdasarkan 5 sebab itu, ternyata benar bahwa sedekah merupakan salah satu cara membuat kita kaya, baik kaya harta, maupun kaya hati. Baik kaya di dunia, maupun kaya di surga. Yuk bersedekah sekarang juga, termasuk bersedekah untuk membantu mengelola website kita ini. Silakan klik gambar di bawah ini! [YMS].

Posting Komentar untuk "Sedekah Membuat Kaya, Ini 5 Sebabnya"

banner
banner