Widget HTML #1

Benarkah Bulan Syawal Baik Untuk Menikah?


Selain ditunggu-tunggu Umat Islam sedunia karena merupakan bulan di mana adanya Hari Raya Idul Fitri, Bulan Syawal juga merupakan bulan yang dinanti-nanti para jomblo. Pada bulan kesepuluh dalam sistem kalender Hijriyah ini, banyak sekali pasangan-pasangan yang menikah. Sobat Demuslim pasti terbiasa menerima undangan pernikahan di bulan ini, bukan? Atau barangkali Sobat yang sudah menikah, juga menjalani proses sakral itu di bulan yang sama?

Menurut ajaran agama Islam, bulan Syawal memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya dianggap sebagai bulan yang baik untuk menikah. Berikut adalah lima alasan mengapa bulan Syawal 

Bulan Pernikahan Nabi

Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang dianggap penuh berkah dalam agama Islam. Menikah di bulan yang penuh dengan berkah seperti ini diyakini dapat membawa keberkahan dalam pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Rasulullah sendiri menikahi Aisyah pada bulan Syawal.

Hal ini termaktub dalam sebuah hadist Nabi yang diriwayatkan dari Aisyah r.a. Dari ‘Aisyah dia berkata, “Rasulullah ﷺ menikahiku pada bulan Syawal, dan mulai berumah tangga bersamaku pada bulan Syawal, maka tidak ada di antara istri-istri Rasulullah ﷺ yang lebih mendapatkan keberuntungan daripadaku.” Periwayat hadits berkata, “Oleh karena itu, ‘Aisyah sangat senang menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR. Muslim).

Keberkahan dalam Berpuasa

Sebelum Syawal, semua umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan sebulan lamanya. Saat Bulan Syawal berkah Ramadan tentu masih kuat menguar. Keberkahan dari ibadah puasa ini diyakini dapat membawa kebaikan dalam langkah-langkah besar dalam hidup, termasuk pernikahan.

Kondisi Spiritual yang Baik

Akad nikah akan semakin terasa syahdu, jika para pengantin dan juga pengunjung dalam kondisi ruhiyah yang baik. Di Bulan Syawal kita semua telah selesai menjalankan serangkaian ibadah di bulan suci Ramadan. Tentu kondisi spiritual kebanyakan dalam kondisi yang baik. Maka, menikah di bulan Syawal bisa menjadi awalan yang baik untuk memperkuat komitmen spiritual bersama sepasang suami istri untuk membangun rumah tangga yang islami dan penuh lautan berkah.

Bersamaan Dengan Hari Raya Idul Fitri

Banyak orang ingin mencari tanggal pernikahan bersamaan dengan momen yang special. Sementara, Bulan Syawal adalah bulan dengan hal sangat special, di mana umat Islam sedunia menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri, yang merupakan hari yang penuh dengan kegembiraan, kasih sayang, dan kedekatan antar sesama. Pernikahan di bulan Syawal tentu akan memberikan kenangan yang lebih memesona bagi siapa saja kelak.

Memanfaatkan Kebersamaan dengan Keluarga

Hari Raya Idul Fitri seringkali menjadi momen di mana keluarga besar berkumpul. Menikah di bulan Syawal bisa memberikan kesempatan untuk melibatkan keluarga dalam acara pernikahan dan merayakan momen bahagia bersama. Karib kerabat yang datang dari jauh, bisa menghemat biaya karena selain mudik, juga bisa bersama-sama menyemarakkan pesta pernikahan sepasang pengantin.

Nah, atas alasan-alasan tersebut, tak ada salahnya kan, merancang pernikahan di Bulan Syawal. Minat?

Penulis: Afifah Afra.


Posting Komentar untuk "Benarkah Bulan Syawal Baik Untuk Menikah?"